Selamat Datang di Blog Anak TP :)

Selasa, 15 Mei 2012

KONSEP TEKNOLOGI PENDIDIKAN


KONSEP TEKNOLOGI PENDIDIKAN
1. Pengertian Umum  Teknologi
Pengertian umum teknologi ini dikemukakan oleh 3 pakar yaitu Finn, Saettler, dan Heinich. Ketiga pakar ini membedakan antara teknologi/perangkat lunak atau soft technology dengan teknologi/perangkat keras atau hard technology. Selain itu, mereka menyatakan “teknologi sebagai suatu pengetahuan diterapkan oleh manusia untuk mengatasi masalah dan melaksanakan tugas dengan cara sistematis dan ilmiah”.    
Para pakar tadi berkesimpulan bahwa :
·         teknologi terkait dengan sifat rasional dan ilmiah
·         teknologi menunjuk suatu keahlian, baik itu seni, atau kerajinan tangan
·         teknologi dapat diterjemahkan sebagai tehnik atau cara pelaksanaan suatu kegiatan, atau sebagai suatu proses
·         teknologi mengacu pada penggunaan mesin-mesin dan perangkat keras.

2. Sifat Teknologi
Berikut rumusan sifat teknologi dari 3 orang pakar, yaitu Sumitro Djojohadikusumo, Quraish Shihab, dan Heinich.
a. Sumitro Djojohadikusumo
Begawan ekonomi ini mengungkapkan bahwa sifat teknologi ada 3 macam,
yaitu :
1.      teknologi maju (advance technology),
2.      teknologi adaptif (adaptive technology)
3.      teknologi protektif (protective technology)

Pendapat di atas merupakan suatu tinjauan berdasarkan ilmu ekonomi
yang menekankan peran serta pengaruh pemanfaatan teknologi terhadap
kekayaan alam.



b. Quraish Shihab
Shihab menyebutkan teknologi ditemukan untuk :
1.      perpanjangan fungsi organ manusia.
2.      Perluasan atau penciptaan organ baru manusia
3.      Menjadi “seteru” atau saingan manusia (Robotisasi)

c. Robert Heinich
Heinich merumuskan beberapa sifat yang harus dimiliki oleh suatu
teknologi. Sifat-sifat tersebut adalah :
1.      dapat ditiru, diulang atau diperbanyak (replicability)
2.      diandalkan karena melalui serangkaian ujicoba (reliability)
3.      mudah digunakan dan dilaksanakan untuk mengatasi masalah
(algorithmic-decision making)
4.      dapat dikomunikasikan dan dipantau sehingga teknologi dapat
diperbaiki berdasarkan masukan dari orang / pihak lain (communication
and control)
5.      berkaitan dengan sifat pertama, berdampak skala – karena pengulangan
dan penyebarannya, sehingga dampak baik atau buruk teknologi apat
cepat tersebar atau menyusut – (effect of scale).

Jadi, sebenarnya sifat teknologi itu dapat diteliti, diperbanyak, dan dimanfaatkan
oleh semua orang. Selain itu, teknologi dapat ‘diciptakan kembali’ (recreate) dan
diperbaiki agar teknologi menjadi lebih berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar